So 90’s, Seru!

Lagi nonton MTV, 100 Greatest Songs in the 90’s…

Kurang lebih lagu-lagu yang muncul, Cypress Hill sampe Billy Ray Cyrus, inget dong sama si rambut gobeldo (gondrong belakang doang) yang nyanyi Achy Breaky Heart itu?

Nggak nyadar, gue ikutan nyanyi lagu-lagu itu, termasuk lagu yang dulu sering gue dan temen-temen celain, Achy Breaky Heart.

Ada lagunya The Breeders yang judulnya Cannonball. Gue sih nggak pernah beli album mereka, tapi lagu itu nyantol sampe sekarang. Mungkin bakal keinget seumur idup gue, secara bass line-nya masih sering gue mainin kalo latian band. Sadar gak sadar. Pengaruhnya ternyata cukup kuat.

Trus ada The Cranberries dengan Linger-nya. Begitu intro, gue dari dapur udah tau itu lagu apaan. Dan, again ikutan nyanyi bareng Dolores.

Nah, lanjut lagi…nongol Gregg Alexander. Wek, ehh…sapa tuh? Mungkin kalo gue sebut New Radicals lebih banyak yang tau. Dia ini mastermind, vokalis, sekaligus yang ngebubarin New Radicals setelah rilis album pertama. Lagunya yang keinget sama banyak orang sampe sekarang pastinya Someday We’ll Know. Mungkin mp3 lagu ini ada di
iTunes/folder lagu-lagu lo, ya gak?

Ada juga Paula Cole…biduanita yang buat gue teknik nyanyinya flawless. Nggak mungkin kayaknya dia ini nyanyi out of tune atau maksa atau nggak enak kedengerannya. Pertama denger Where Have All The Cowboys Gone?, gue mikir, lagu gini doang, tapi kok jadi bikin beda sama lagu-lagu lain…

Lanjut ke Sarah Mclachlan. Gue berutang jasa kreatif pencarian nama anak dari dia. Again, selalu ada cerita di balik biduan dan biduanita era 90an ini.

Itu baru sampe di urutan 80, pastinya masih bakalan banyak cerita seiringan countdown berlanjut nanti. Gak tau kapan lanjutnya, mudah-mudahan sempet nonton.

Ada perasaan seneng, seru campur menerawang balik ke zaman dulu pas nonton acara itu. Udah 10 tahunan lalu, jo!

Era 90an, emang banyak cerita, secara kita (kita? Gue kali!) masih kuliah, masih nyari-nyari sesuatu yang gue sendiri nggak tau apaan. Gue dapet the bestest friends, best and sad moments in life, best lessons in life, etc. Makin berasa begitu denger musik 90s…

Jadi kepikiran, apa karena era itu musiknya top abis, even musik non-rocknya, jadi bisa terus keinget? Atau karena pas musik itu muncul, kebetulan pas sama suatu momen di idup yang otomatis bikin gue keinget? Atau karena dua-duanya?

Leave a Reply

