Seringai Bertaring

(diambil dari Seringai FB page)

Jangan pernah mendengar album Taring milik Seringai dengan volume kecil di awal kalian memasukkannya ke dalam pemutar CD.  Bisa mati bosan kalian! Putar volume maksimal. Siksa gendang telinga kalian! Sama sekali tidak enak dinikmati jika diawal kalian hanya menggunakan volume suara rendah.

Kenapa memangnya dengan memakai volume rendah? Pertama, tidak cocok dengan gagahnya gelegar keluaran suara yang direkam di banyak studio ini. Kedua, semangat yang ada dalam album ini begitu tinggi. Gapai semangat itu dengan putar volume pemutar CD kalian maksimal! Ketiga, apakah pantas lirik seperti: “Amarahku menderu bagaikan guntur. Akulah sang sangkur, akulah peluru, yang akan memburu,” didengar dengan volume rendah? Haram!

Secara keseluruhan, album Taring dari band heavy metal atau apapun mereka mau menyebut diri mereka ini, terdengar bukan sesuatu yang baru bagi saya, seorang penikmat rock tua (baca: kurang lebih seumuran dengan personil Seringai). Tak ada yang baru bukan berarti jelek. Jauh dari itu. Formula koor satu-dua harmoni suara ala Bad Religion, riff gitar dan bass ala Iommi ‘kawin’ dengan Lemmy, dan hentakan drum ala Teddy Sujaya-on-steroid, sama sekali tidak baru, tapi luar biasa bergizi.

Lagu macam ‘Tragedi’ selalu bikin saya merinding. Sejak pertama kali dengar saat lagu ini bebas unduh, hingga sekarang dengar langsung dari CD dan mendalami arti langsung dari liriknya. Lagu ini berpotensi jadi klasik Seringai. Kemudian lagu ‘Taring’ dan ‘Program Party Seringai’ saya ramalkan akan jadi favorit penonton di moshpit pinggir panggung di mana pun nanti Seringai tampil. Yakin!

Seandainya saya bisa minta sama Seringai, karena saya yakin mereka adalah orang-orang kreatif yang berpikiran terbuka; untuk album berikutnya kenapa tidak mencoba Arian13 untuk bernyanyi satu-dua lagu lebih merdu. Kalau Phil Anselmo atau Corey Taylor bisa, harusnya Arian juga bisa. 🙂

Mari tarung unjuk taring!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s