Ekstremis dan Marketing

mv5bmtc0ntk0mju5ml5bml5banbnxkftztgwmzg4nzgwmdi-_v1_sy1000_sx666_al_
Pic: imdb

Tugas marketing adalah membuat masyarakat bergerak untuk melakukan sesuatu. Begitu percayanya masyarakat akan suatu nilai sehingga mereka rela bahkan mungkin tidak sadar untuk melakukan sesuatu, seperti sederhananya membeli sebuah produk atau jasa.

Gagasan atau ide adalah suatu produk yang dapat juga memiliki nilai dan pada akhirnya dapat dipasarkan. Gagasan bisa dalam bentuk positif menurut worldview masyarakat umum tapi juga dapat negatif. Negatif untuk banyak orang tapi buat sekelompok orang bisa saja itu adalah gagasan hebat. Begitu hebatnya sehingga pengikutnya percaya dan rela melakukan apa saja.

Gagasan radikal dan ekstrem ,misalnya. Apakah ekstremis menggunakan jubah agama, lingkungan, atau lainnya tak jadi soal karena mereka punya nilai yang mampu dipasarkan. Dengan perencanaan strategis dan taktis plus kharisma si marketer, gagasan apa pun dapat dipasarkan, gagasan ekstrem sekalipun.

Marketing is a powerful discipline. Siapa pun bisa jadi produsen dan menggunakan marketing sebagai alat. Apa pun ‘jualan’-nya.

Advertisements

2 thoughts on “Ekstremis dan Marketing”

    1. Setuju banget, om. Sayangnya belum terlihat nyata, malah penyebar kerusuhan lebih kelihatan. Gonz bertindak apa nih? 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s