Pemuda, Beda dan Berbahaya

cha           sid

Musik dan anak muda gak mungkin dipisahkan. Meski sebagian anak muda ada yang mulai mengharamkan musik karena dalih agama ya gak apa-apa, silakan saja, tapi sebagian besar anak muda tetap menjadikan musik sebagai bagian dari hidupnya.

Relasi antara musik dan anak muda bukan sekadar relasi ‘majikan’ dan ‘buruh’ saja. Artinya, musik bukan hanya sebagai pemuas atau media hiburan di tengah kegalauan ditinggal pacar atau masalah-masalah klasik lainnya. Musik juga sebagai alat ekspresi dan penyebar semangat. Musik ekspresi ini biasanya ditulis oleh anak muda dan ditujukan untuk membakar semangat dan menyadarkan anak muda tentang khitahnya sebagai orang muda.

Dari zaman ke zaman, baik di luar negeri ataupun di dalam negeri, banyak musisi yang mengangkat isu tentang pemuda ini. Contohnya di dalam negeri Chaseiro dari era 70- 80an dan Superman Is Dead dari era 2000-an. Musiknya beda banget antara keduanya, tapi gue menangkap semangat yang sama. Kegelisahan sama tapi selain itu tetap optimis untuk bikin sesuatu yang keren dan terutama mengingatkan tentang siapa kita. ‘Pemuda’ itu memang relatif dilihat dari umur tapi selama punya semangat bikin karya dan progresif ya itu anak muda. 😉

Selamat hari Sumpah Pemuda

Bersatulah semua seperti dahulu. Lihatlah ke muka. Keinginan luhur kan terjangkau semua – Pemuda (Chaseiro)

 

Dan jika kami bersama. Nyalakan tanda bahaya. Musik akan menghentak. Anda akan tersentak
Dan kami tau engkau bosan. Dijejali rasa yang sama. Kami adalah kamu. Muda beda dan berbahaya – Jika Kami Bersama (SID)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s