Jurnal Akademis & Panggung

professor_at_desk
Pic: intellectualtakeout.org

Membaca artikel tentang jurnal akademis yang hanya dibaca rata-rata oleh 10 orang, rasanya tragis juga, awalnya. Penelitian yang dilakukan para akademisi jelas nggak mudah. Butuh waktu, dana dan tenaga yang nggak sedikit. Setelah berbulan-bulan meneliti, bahkan bertahun-tahun, dituangkan dalam jurnal, dan hanya dibaca 10 orang. Rasanya pahit.

Apa benar segitu pahitnya? Kalau kita memakai paradigma media, cetak maupun online, yang sangat melihat seberapa banyak suatu artikel dibaca atau direspons pembaca, jelas angka 10 orang itu luar biasa kecil…banget!

Mestinya kita kembalikan kepada objektif si peneliti. Ia meneliti dan menulis jurnal untuk policy paper yang perlu direspons oleh stakeholder atau ia menulis demi memperkaya keilmuan itu sendiri. Untuk alasan yang pertama, jelas tidak tepat menulis jurnal akademis dan mendistribusikannya ke media jurnal akademis yang hanya dapat diakses orang tertentu, biasanya para subscriber. Subscribers yang biasanya orangnya ‘lo lagi lo lagi’ atau ‘peers reviewer’. Sasar target pembacanya, dan distribusikan tulisan itu via saluran yang tepat. Untuk alasan kedua, target pembacanya kemungkinan akan niche, kecil sekali, terutama dengan banyaknya spesialisasi keilmuan sekarang ini tapi justru di situ ‘pasar’nya. Dialektika akan muncul di situ. Pertukaran ilmu akan hadir dan fokus, meskipun secara kuantitas mungkin sangat kecil. Dialektika yang akan merangsang topik penelitian menjadi makin berkembang dan pada akhirnya, jika memang penting untuk kemanusiaan, akan muncul sendiri ke permukaan dan dibahas oleh masyarakat umum.

Akan jadi masalah kalau penelitian hanya demi nyari ‘panggung’; demi pembuktian diri, cari peluang untuk jadi staf ahli (ahli kok di-staf-kan?) atau apa pun niatnya. Mengembangkan ilmu pengetahuan harusnya nggak butuh ‘panggung’. Nulis ya nulis, riset ya riset saja.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s