Apa Value Tempatmu Bekerja?

Beberapa belas tahun bekerja di industri kreatif, saya sudah cukup banyak melihat dari dalam dan dapat menyimpulkan bahwa: sebagian besar perusahaan dalam industri ini miskin akan value perusahaannya sendiri. Miskin atau bahkan tidak jelas, atau malah tidak ada sama sekali. Nggak percaya? Coba deh tanya kepada satu, dua atau beberapa teman yang bekerja di perusahaan-perusahaan industri kreatif: apa sih value atau nilai yang ada di kantormu?

Karena menurut saya, diferensiasi di dalam perusahaan industri kreatif sangat penting. Sebenarnya penting di industri apa pun. Bukan hanya layanan atau produk tapi value suatu perusahaanlah yang bisa membedakan satu entitas dengan yang lainnya, begitu pula antara para pelaku di industri kreatif, apakah itu bergerak di bidang fashion, kuliner, musik, desain, periklanan, film, dan lain-lain. Sayangnya, sering kali menentukan value ini terlupakan dari awal pendirian entitas usaha tersebut. Lupa tentunya dengan berbagai macam alasan. Kemudian semakin sibuk, semakin lupa. Sehingga pada akhirnya menganggap value itu menjadi tidak lagi penting. Betul?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s