‘Pesulap’ Itu Penghibur

merchants-of-doubt
Pic: indybay.org

Pandangan itu dapat mengelabui. Semakin banyak objek yang ada di depan mata, semakin besar pula pengelihatan akan terkelabui. Sebenarnya bukan terkelabui, mungkin lebih tepat pengalihan fokus. Karena banyaknya objek di depan mata, fokus kita cenderung untuk memerhatikan sesuatu yang lebih tertangkap oleh pengelihatan. Misalnya saja dalam trik sulap.

Orang bilang bahwa sulap itu adalah kecepatan tangan atau tangan lebih cepat dari mata. Sebenarnya bukan tangannya yang bekerja lebih cepat tapi fokus kita sebagai penonton pertunjukan sulap yang dialihkan. Sehingga kita tidak melihat apa yang sedang terjadi karena fokus diarahkan ke tempat lain. Sama halnya dengan pengalihan isu.

Pengalihan fokus dari suatu isu bukan kebetulan, tapi memang ada ‘pemain’-nya dan terencana dengan baik. Sebagai ilustrasi misalnya, data ilmuwan yang benar-benar melakukan penelitian tentang perubahan iklim saja bisa dibantah sehingga melahirkan opini publik yang berlawanan dengan data-data tersebut.

Kita sebaiknya cukup memahami adegan dari para ‘pesulap’ itu sebagai hiburan. Ikut tertawa, jika memang lucu. Ikut sedih, jika memang mereka kehilangan kelinci dari jasnya. Ikut tercengang, jika mereka bisa menghilangkan pesawat dari depan mata. Intinya, nikmati saja dramanya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s