Kerahasiaan Usang

Intelijen sebagai informasi harus dikumpulkan dengan cara operasi rahasia. Begitu cara pandang lama yang menurut saya sudah usang.

Di era open source intelligence (OSINT) seperti menumpuknya grup-grup di aplikasi WA dan aplikasi chat lainnya di ponsel, ratusan hingga ribuan follower atau daftar teman di media sosial, konten-konten di media sosial, karya akademik dan karya tulis digital dan teknologi mobile internet yang membuat informasi begitu cepat sampai, kerahasiaan informasi kian mendekati kepunahan. Hampir semua informasi need to know dapat dicari di internet secara online dan juga offline seperti media konvensional, acara-acara, dan sebagainya.

Dengan begitu terbukanya informasi, bukannya malah memungkinkan banyak penyesatan? Mungkin saja, tapi ada penangkalnya. Sekarang pertanyaannya diganti, apakah dengan merahasiakan informasi lalu menganalisisnya, pasti tidak akan ada salah perkiraan dan akhirnya menyesatkan user? Tidak pasti. Secara historis, sudah banyak kegagalan intelijen menggunakan metode ini, dengan berbagai penyebabnya.

Jika diduga ada penyesatan informasi, maka harus dilawan dengan cipta opini yang juga menjadi salah satu fungsi intelijen yaitu penggalangan. Penggalangan opini dengan menggunakan media yang juga terbuka dan dapat diakses siapa pun.

Yang menjadi concern utama sebenarnya bukan penyesatan informasinya tapi bagaimana mengedukasi pengguna internet dan masyarakat pada umunya untuk tahu mana yang menyesatkan mana yang bukan. Meskipun dalam pengamatan secara sepintas, masyarakat kita, meski perlahan, sudah semakin pintar untuk memilah-milah informasi.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s