Menjadi Spy

Mata-mata, spy atau personil intelijen salah satu tugasnya adalah mencari informasi. Sebelum berkomunikasi, bercerita atau melakukan presentasi, kita perlu tahu siapa yang akan diajak berkomunikasi tersebut. Dalam tahapan ini lah tugas kita untuk menjadi seperti spy. Mencari informasi. Informasi apa?

  • Informasi tentang siapa target audience Kita perlu tahu siapa mereka. Semakin detil semakin baik. Dari latar belakang lingkungannya hingga apa kesukaan dan ketidaksukaannya, misalnya. Berapa orang yang akan kita hadapi, dan lain-lain.
  • Informasi tentang lingkungan tempat kita nanti melakukan presentasi. Apakah tempatnya sepi atau ramai? Tenang atau berisik? Di mana posisi kita pada saat presentasi? Apakah dalam ruangan atau luar ruangan? Apakah ruangannya terang atau gelap? Bagaimana dengan suhu ruangannya? Dan sebagainya.

Mengapa mencari informasi tentang target audience dan lingkungan ini penting? Karena ini semua akan sangat membantu kita pada saat membuat presentasi atau menyiapkan cerita. Dari bagaimana menyesuaikan pemilihan visual, jenis pakaian yang akan kita pakai dan juga cara kita berbicara nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s