Putih, Abu dan Hitam

Lagi banyak himbauan untuk waspada sama berita hoax. Berita hoax itu sama dengan propaganda hitam, yaitu bertujuan menyebarkan informasi yang ngawur, ujungnya ya untuk memengaruhi khalayak. Jenis ini relatif semakin mudah dibaca.

Propaganda ada juga yang putih dan abu-abu. Nah, justru yang ini sering kali lolos dan nggak disadari khalayak bahwa mereka sedang dipengaruhi. Yang putih contohnya adalah penyebaran berita yang sesuai fakta melalui media arusutama tapi bias atau sengaja dibiaskan. Sementara yang abu-abu ini adalah meminta pihak lain untuk menyebarkan suatu pesan ke khalayak. Biasanya dengan bayaran tertentu. Sounds familiar?

Di tengah kampanye Pilkada, propaganda sudah jadi makanan sehari-hari bagi kita yang aktif di media sosial. Warnanya bisa putih, kelabu atau hitam. 

Secara teori maupun praktek di dunia intelijen, propaganda sudah sering dipakai untuk menggalang opini atau cipta kondisi yang paling halus atau termasuk white propaganda adalah film-film Hollywood. Hampir selalu menarasikan tentang nilai-nilai ala Barat, khususnya Amerika Serikat. 

Kita berdaulat dalam berpikir. Gunakan otak dan rasa untuk bebas dari segala jenis propaganda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s