Dunia dan Advertising

 

crop380w_istock_000018298852xsmall
Pic: fastweb.com

 

Setelah iseng membaca lagi beberapa buku tentang advertising dan marketing communications, saya yakin bahwa bidang ini mampu mengubah banyak hal di dunia. Mengapa? Bukan glamornya, karena memang sama sekali tidak glamor, bukan pula karena bisa berpakaian kasual di kantor bahkan pada saat meeting, tapi karena tugas kami sebagai pencari solusi. Solusi untuk bisnis klien tentunya, apa pun masalah yang sedang mereka hadapi.

Advertising atau iklan bukanlah suatu yang lebih hebat dibanding politik, ekonomi atau pun saudara sekandungnya sendiri, yaitu jurnalistik. Bahkan, pekerja iklan dan industrinya sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang karena dianggap, ya tidak penting-penting amatlah untuk kehidupan sosial, kehidupan bernegara bahkan kehidupan manusia.

David Droga pernah cerita bahwa advertising adalah cara ia untuk membuat dunia ini sedikit lebih baik. Memang, tidak selamanya advertising itu adalah kaki tangan kapitalisme, tapi seperti yang Droga tambahkan, bahwa industri iklan adalah satu-satunya industri yang bisa bermain di semua isu, dari politik, ekonomi, ekologi, sosial, budaya, bahkan agama. Artinya iklan dapat membantu semua industri untuk sesuatu yang positif. Saya pun setuju. Memakai pemahaman itu, advertising sangat mungkin untuk mengubah dunia dan saya kira sudah banyak contohnya yang mungkin tidak kita sadari. Silakan buktikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s