Patriots’ Day: Boston Strong

Hari ini 14 Januari 2017 bertepatan dengan saru tahunnya peristiwa bom Tahmrin. Aksi teror di Kamis pagi menjelang siang hari di sekitar jalan Tahmrin, Jakarta Pusat mengagetkan banyak orang. Aksi tersebut memakan delapan korban termasuk empat pelakunya.

Setelah aksi tersebut muncul ujian terutama bagi masyarakat Jakarta. Apakah mau tunduk dan takut terhadap aksi ini atau bangkit dan melawan. Pilihannya adalah yang terakhir. Masyarakat Jakarta tidak takut. Dalam hitungan jam, polisi sudah berhasil mengendalikan situasi. Masyarakat ibu kota dapat terus melanjutkan aktivitasnya. Bahkan kabarnya ada penjual sate yang terus saja mengipas satenya meski saat itu sedang terjadi baku tembak di sekitar tempatnya bekerja. #KamiTidakTakut, #JakartaBangkit dan hashtag lainnya menghiasi linimasa media sosial maupun media arusutama.

Bangsa ini tidak pernah takut. Kalau kata Cak Nun, bangsa ini cukup bermodalkan ‘bismillah’ berani berbuat apa saja. Peluru, penjajah, teroris, apa pun tidak akan dapat menakut-nakuti bangsa ini. 

Pas di hari satu tahun aksi Thamrin, saya menonton film ini. Teringat setahun lalu. Teringat kekuatan masyarakat Jakarta, dan Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s