#12Album: Nevermind – Nirvana

01-114-d31474ea-a1db-41e3-9e4c-8371729a959b
pic: rollingstone.com

I like it, I’m not gonna crack – Lithium (Nirvana)

Album legendaris yang akan selalu diingat jika kita bicara generasi 90-an. Mau benci, ngefans, pernah ngefans atau nggak ngefans, pasti tahu album ini jika kita besar di era 90-an, terutama 90-an awal.

Pertama kali dengar Smells Like Teen Spirit di sebuah radio Jakarta. Saya berpikir waktu itu, kenapa lagu sekencang ini bisa masuk playlist radio? Lagu ini jelas lagu rock yang bukan ballad. Waktu itu, cuma lagu rock ballad yang bisa masuk playlist harian radio-radio Jakarta, kecuali di acara yang khusus musik rock. Saya tertarik.

Ketika mendegar utuh seluruh album, ada perasaan aneh. Album ini meninggalkan kemarahan yang diselimuti oleh ketepatan harmoni nada-nadanya. Keliaran yang tersalurkan dan terarah tepat menuju sasaran. Biasanya jika band hard rock atau metal, kecenderungannya melupakan harmoni dan dinamika dalam musiknya. Yang penting berisik, sangar dan marah. Begitu pun dengan band punk. Yang penting nyeleneh dan aneh. Album ini berbeda.

Album ini, seperti juga Ten (Pearl Jam) dan Achtung Baby (U2), adalah milestone pribadi saya dalam eksplorasi musik. Paling tidak dalam mencari pengalaman baru dalam menikmati musik. Ketiganya adalah awal dari keterjerumusan dalam buaian musik ‘alternatif’ yang sepertinya adalah genre paling berpengaruh dalam hidup saya.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s