#AlbumReview: Bin Idris – Bin Idris

c1p2cyqviaa0a-x

Musik dalam budaya populer adalah kesatuan elemen suara yang dihasilkan oleh instrumen dan ucapan kata maupun kalimat dari bait lagu. Tidak terpisah. Jangan berani-berani pisahkan keduanya. Akan janggal jika kita hanya fokus pada satu elemen saja.

Musik itu akan memberikan pengalaman pribadi yang berbeda bagi tiap orang. Pengalaman tersebut akan lebih lengkap dengan kata dan bunyi instrumen. Satu kesatuan. Keindahan maupun ketidaknyamanan yang subjektif muncul jika kedua elemen tadi dinikmati bersama, tanpa terpisah.

Jika kita paham dan setuju dengan tesis di atas, mari mulai mendengarkan album dari Bin Idris ini. Akan tidak lengkap rasanya jika mendengarkan album ini sepintas tanpa tahu apa yang ia sedang sampaikan dalam liriknya. Terlebih lagi ‘mendengarkan’ adalah hal yang ‘mahal’ di masa kini. Masa yang sangat disibukkan oleh orang yang bicara dan teriak. Tidak ada yang mendengar.

Ada berbagai rasa dalam album ini. Sedih, sinis, marah, dan pasrah pada Yang Di Atas. Rasa itu muncul jika kita mau mendengar apa yang disampaikan oleh Haikal Azizi.

Album ini untuk dipahami, bukan sekadar hiburan. Setelah berhasil paham, kita akan terhibur. Jika gagal atau malas paham, silakan kembali ke gawai masing-masing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s