Bangsa ‘Aneh’!

Pic: paper-replika.com
Naik motor kebut-kebutan tanpa helm, nggak takut mati. Ngelamar pacar padahal cuma modal dengkul, nekad dan akhirnya hidup tenteram. Melawan Belanda, Jepang, Inggris hanya dengan bambu runcing dan sandal jepit, menang lalu merdeka.

Itu Indonesia. ‘Kerennya’ Indonesia. Nggak akan masuk ke dalam akal orang yang melihatnya dengan sudut pandang Barat atau paradigma asing lainnya. Nggak ada jenderal Sekutu yang berani berperang melawan Jerman hanya dengan modal senapan dan bayonet. Sementara Jerman dengan tank dan kendaraan berat lainnya. Semuanya pasti dihitung dengan cermat. Di Indonesia, perhitungan itu seakan lenyap. Hanya dengan takbir, bambu runcing, sandal peyot, tentara Inggris diperangi di Surabaya.

Cukup dengan ‘bismillah’, apa pun berani kita lakukan. Sulit dipahami memang, tapi nyata. Justru jangan-jangan di situ ada kekuatan. Kekuatan yang akan membuat bangsa ini baik-baik saja ke depan. Tidak seperti ketakutan banyak pihak. Pihak yang sepertinya belum paham Indonesia. Kekuatan ini yang perlu terus dipahami, digali dan disesuaikan dengan konteks zaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s