Sandang. Pangan. Papan. 

Sandang, pangan, papan adalah urutan. Setiap manusia Indonesia perlu percaya urutan tersebut. Secara historis, dari dulu sampai sekarang, bangsa ini sering lupa urutan ini atau terbalik-balik prioritasnya. 

Ketiganya adalah urutan kebutuhan hidup manusia Indonesia. Sandang sering diartikan dengan pakaian, pangan adalah makanan dan papan adalah tempat tinggal. Dengan memiliki ketiganya, seharusnya manusia sudah cukup hidupnya. Lalu, mana yang paling penting? Jawabannya adalah sandang, sesuai urutan. Urutan pertama. 

Sandang sering diartikan dengan pakaian. Sandang seharusnya lebih dari sekadar pakaian secara harafiah. Sandang perlu diartikan sebagai pakaian yang menutup tubuh dan aurat, karena tubuh dan aurat adalah lambang harga diri dan martabat. Keduanya harus dijaga kehormatannya. Begitulah manusia beradab. 

Artinya, kata sandang tadi melambangkan bahwa manusia Indonesia seharusnya adalah menjaga martabat dan harga dirinya dan bangsanya. Itu yang paling penting dan utama. Setelah itu baru berpikir pangan dan papan atau tempat tinggal. 

Lebih baik jadi gelandangan dan kelaparan dari pada hilang martabat dan harga diri. Atau bisa juga, jaga martabat dan harga diri sebelum sibuk berpikir harta dan kemapanan. Begitu arti sandang, pangan, papan. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s