#AdvIntro01 – Peran Iklan

Marketing

Advertising berhubungan dekat sekali dengan marketing. Advertising adalah salah satu bagian dari bauran promosi dalam marketing mix. Ia berperan sebagai pengantar pesan atau informasi tentang barang atau jasa. Barang seperti sepatu, mobil, baju, dan lainnya. Jasa seperti asuransi, transportasi, pariwisata. Dan juga, ide, seperti kampanye parpol, pilkada, pilpres, dan lain-lain. Ia menyampaikan pesan tersebut tentunya harus menyasar target audiens tertentu. Penyampaian pesan melalui Iklan atau advertising juga dapat bertujuan untuk menyampaikan persepsi akan citra sebuah merek atau brand.

Komunikasi

Advertising adalah penyampaian pesan. Sering juga kita dengar istilah marketing communications. Salah satu senjata marcomm adalah iklan. Penyampaian pesan ini tentunya mengikuti proses komunikasi. Biasanya, iklan bertujuan menggerakkan audiens untuk melakukan sesuatu (call to action). Misalnya, mengajak audiens untuk melakukan donasi dengan klik link tertentu atau segera bergerak ke suatu tempat jika ingin mendapatkan produk atau jasa tersebut. Tidak hanya itu, iklan juga dapat berkomunikasi untuk menimbulkan citra tertentu kepada audiens. Misalnya, iklan-iklan rokok. 

Ekonomi

Ilmu ekonomi dasar adalah ada permintaan, ada penawaran. Iklan dapat bertindak sebagai pencipta permintaan. Misalnya produk-produk Apple. Kita sering kali tidak membutuhkan barang-barang tersebut, tapi karena ditampilkan lewat iklan, sehingga kita merasa perlu untuk membeli iPhone, iPad, iWatch. Permintaan tersebut dapat tercipta dengan cara hard sell maupun soft sell. Hard sell adalah iklan seperti iklan promosi. Menggunakan rasionalitas target dengan persuasi sehingga mereka ingin segera bertindak. Sementara soft sell lebih menunjukkan citra sehingga audiens dapat terhubung dengan iklan tersebut karena ia merasa nyambung dengan iklan tadi. Iklan ini lebih menyentuh emosi. Iklan karena ditayangkan secara luas akan dikenal orang banyak sehingga dapat menekan harga pemasaran. Harga produk atau jasa tersebut pun dapat ditekan lebih murah sehingga konsumen dapat membeli. 

Sosial

Selain memberi informasi tentang suatu barang atau jasa, iklan juga memberi audiens sesuatu dalam kehidupan sosial. Misalnya, iklan memberikan cara berpakaian yang lagi trend. Atau gaya bicara yang sesuai dengan anak muda. Iklan dapat juga memperlihatkan pada kita tentang indahnya alam. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s