United Blunder

Berita tentang penumpang United Airlines yang dipaksa turun pesawat sudah diketahui banyak orang di dunia. Video yang sudah viral itu sudah ditonton sekitar 200 juta kali, di Cina. Hanya Cina ya, belum ditotal dengan negara-negara lain. Cerita tentang kejadian ini bisa dicari di media-media online. Silakan dicari sendiri.

Yang mau saya sampaikan di sini adalah bagaimana United Airlines melakukan pembunuhan brandnya sendiri. Market value UA menurut kabar, menurun. Jelas, nggak heran.

UA sempat mengalami tragedi besar. Tepatnya, saat salah satu pesawatnya digunakan untuk menabrak WTC pada 11 September 2001. UA merasa perlu membantu masyatakat Amerika untuk bangkit dari tragedi itu. Sekaligus secara tidak langsung memberikan nilai lebih pada brandnya. Mereka membuat iklan satu halaman koran yang tayang pada 21 September 2001 seperti di bawah ini.

Iklan di atas mendapat respons positif dari masyarakat saat itu. Pelanggan UA tidak mengalami penurunan, malah kabarnya meningkat. Brand UA cemerlang di tengah tragedi nasional AS ini.

Maju sekitar 16 tahun kemudian kejadian pemaksaan penumpang untuk turun ini pun terjadi. Apakah penumpang akan menurun? Apakah secara brand, UA akan dipersepsikan buruk? Bisa jadi. Apakah UA akan mengcounter kejadian ini dengan bikin iklan seperti di atas? Mungkin. Apa pun yang mereka lakukan, brand UA sudah buruk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s