Yang Beda di Singapura

Pic: thebestsingapore.com
Mencari sesuatu yang beda di Singapura dengan di Indonesia, terutama di Jakarta, nyaris mustahil. Hampir semua yang ada di Singapura, pasti ada di Jakarta. Tempat-tempat wisata tentu saja beda antara Jakarta dan Singapura. Yang dimaksud di sini adalah barang untuk dibawa ke Jakarta. 

Dulu, banyak yang bisa kita bawa dari sana. Belum banyak brand-brand asing yang masuk ke Jakarta, tapi sekarang? Mau produk restoran cepat saji hingga ritel fashion besar, hampir semua sudah ada di sini. Hingga hampir tidak ada lagi produk atau brand yang istimewa dapat kita bawa dari Singapura.

Terlebih lagi sekarang makin banyak pedagang online. Produk dari brand paling jarang pun kini bisa dicari via toko-toko online. Nggak perlu lagi jauh-jauh ke Singapura.

Lalu, selain theme park, museum dan konser, apa yang bisa kita bawa dari Singapura? Buku impor, buku keluaran publisher luar negeri. Meski di Jakarta banyak juga toko buku, tapi untuk buku impor, ritel buku di sini, sangat terbatas koleksinya. Kita bisa dapatkan buku impor mungkin via belanja online di tempat semacam Amazon.com. Atau kalau beruntung, ada penjual yang ingin jual buku tersebut di toko-toko online.

Toko buku Kinokuniya di Takashimaya, Orchard Road luasnya dua atau tiga kali Kinokuniya cabang mana pun di Jakarta. Kelengkapan koleksinya juga otomatis jauh lebih lengkap. Lebih lengkap artinya banyak buku keluaran baru, satu atau dua tahun lalu atau bahkan terbitan tahun 2017 ini. Ini merupakan salah satu tempat wajib didatangi kalau saya ke Singapura.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s